Senin, 23 September 2013

KETERAMPILAN MENULIS


 KETERAMPILAN MENULIS
 
Kamus Lengkap Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa kata menulis berasal dari kata tulis. Tulis adalah ada huruf (angka dan sebagainya) yang dibuat dengan pena (pensil, cat, dan sebagainya). Menulis adalah membuat huruf, angka , dan sebagainya dengan pena, pensil, cat, dan sebagainya melahirkan pikiran atau perasaan seperti mengarang, membuat surat, dan sebagainya dengan tulisan. Selanjutnya menulis adalah menuangkan gagasan, pendapat, perasaan, keinginan, dan kemauan, serta informasi ke dalam tulisan dan kemudian “mengirimkannya” kepada orang lain.


Selain itu, menulis juga merupakan suatu aktivitas komunikasi yang menggunakan bahasa sebagai medianya. Wujudnya berupa tulisan yang terdiri atas rangkaian huruf yang bermakna dengan semua kelengkapannya, seperti ejaan dan tanda baca. Menulis juga suatu proses penyampaian gagasan, pesan, sikap, dan pendapat kepada pembaca dengan simbol-simbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati bersama oleh penulis dan pembaca. Menulis berarti menyampaikan pikiran, perasaan, atau pertimbangan melalui tulisan. Alatnya adalah bahasa yang terdiri atas kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana. Pikiran yang disampaikan kepada orang lain harus dinyatakan dengan kata yang mendukung makna secara tepat dan sesuai dengan apa yang ingin dinyatakan. Kata-kata itu harus disusun secara teratur dalam klausa dan kalimat agar orang dapat menangkap apa yang ingin disampaikan itu. Makin teratur bahasa yang digunakan, makin mudah orang menangkap pikiran yang disalurkan melalui bahasa itu. Oleh karena itu, keterampilan menulis sangatlah penting.
 



Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.


2 komentar:

  1. Nama: Mir'atun Nisa
    kelompok: 3
    Bagaimana pengaruhnya pada perkembangan bahasa jika tidak bisa menulis?

    BalasHapus
  2. Thong Iron Rims - Titanium Mountain Bike - TITanium-Arts
    Titanium Mountain Bike. THong titanium vs platinum Iron Rims. Thong Iron Rims. Thong Iron Rims. Thong Iron Rims. gold titanium alloy Thong benjamin moore titanium Iron Rims. cerakote titanium Thong Iron Rims. Thong Iron Rims. Thong Iron Rims. Thong Iron Rims. Thong Iron 2017 ford focus titanium Rims.

    BalasHapus